Rabu, 18 April 2012

Etnomusikologi

Etnomusikologi sebagai sebuah disiplin ilmu, merupakan fusi atau gabungan dari dua induk ilmu yaitu etnologi (antropologi) dan musikologi.  Penggabungan ini sendiri telah menimbulkan dampak yang kompleks dalam perkembangan etnomusikologi.  Jika kemudian ia berfusi lagi dengan ilmu lain, katakanlah arkeologi, maka akan terjadi sesuatu perkembangan yang menarik. Dalam konteks etnomusikologi, bidang musikologi   selalu  dipergunakan   dalam   mendeskripsikan struktur   musik  yang  mempunyai  hukum-hukum  internalnya sendiri–sedangkan etnologi memandang musik sebagai  bagian dari fungsi  kebudayaan manusia  dan sebagai  suatu  bagian yang  menyatu dari suatu dunia yang  lebih  luas.

3 komentar:

  1. Memang apabila kita membaca buku-buku tentang Etnomusikologi memang sangat menakjubkan. Akan tetapi, saya berpikir ke depannya defrost selesai mengikuti perkuliahan selanjutnya saya mau jadi apa ya????

    BalasHapus
  2. kalau kita ingin maju tidak perlu takut akan masa depan. yang penting kita harus eksis dan membekali diri terlebih dahulu. apalagi sekarang ini bahwa dunia etnomusikologi sdh banyak dikenal oleh masyarakat luas.

    BalasHapus
  3. etnomusikology bukan hanya pada membaca buku-buku saja. kerja lapangan, berkarya. negeri ini masih belum punya data-data musik etnik lengkap bahkan pemetaan musik di nusantara ini jauh dari kata "lengkap".

    BalasHapus